Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Petani Dusun Kuduk-kuduk Panen Padi di Bulan Puasa Dengan Hasil Memuaskan

Minggu, 09 April 2023 | 3:58 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-29T12:59:54Z
Permudaku - Ibadah Puasa Ramadhan bukan penghalang petani Dusun Kuduk-kuduk Desa Patarselamat Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik melakukan panen padi untuk masa tanam pertama.
 Minggu, 09 April 2023. Produktivitas  panen kali ini lebih baik dibandingkan dengan panen di masa sebelumnya.

Moh. Hazin (41), salah satu petani saat di hubungi mengaku puas dengan hasil panen di masa tanam kali ini, karena dilihat dari hasil yang lebih baik dibandingkan dengan masa tanam sebelumnya.

"Panen kali ini padi lebih berisi dan tumbuh dengan subur. Kondisi tersebut berbeda dengan pada saat panen tahun sebelumnya karena kurangnya curah hujan akibatnya padi kurang berisi," jelasnya.


Selain itu tanam padi kali ini Moh. Hazin menggunakan Hand Traktor (mesin pembajak sawah) dalam mengolah lahan sehingga pengolahan lahan padi bisa gembur maksimal.

“Ini lebih bagus karena mayoritas padi banyak isinya, syukur panen kali ini juga bertepatan dengan bulan puasa hasil panen bisa untuk kebutuhan pangan dan bikin kue untuk lebaran. ” tambah Moh. Hazin

Lain halnya dengan petani lain, Pak Ali (61) mendapatkan hasil yang kurang maksimal, dikarenakan tanaman padi miliknya terdampak banjir luapan air sungai yang mengakibatkan gagal panen.

“Hasil panen tahun ini berkurang karena tanaman padi banyak yang terendam banjir, akibatnya semua tanaman sulit untuk bisa diselamatkan,” ungkap Pak Ali.

Pak Ali berharap ada perhatian dari pemerintah terhadap para petani yang terdampak banjir karena curah hujan yang begitu tinggi dan mengakibatkan tanaman padi mereka gagal panen.(mz)

×
Berita Terbaru Update